Senin, 22 Desember 2008

Menyisipkan Tabel dalam Dokumen di dreamweaver

Sebelum mempelajari cara menyisipkan tabel ke dalam dokumen, terlebih dahulu harus disiapkan dokumen yang hendak disisipi tabel. Misalnya, kita gunakan file index.html yang telah dibuat sebelumnya. Jika file index.html ini telah ditutup, buka kembali file ini dengan klik File  Open  index.html, atau dapat pula dilakukan dengan klik double pada file index.html dalam Files Panel.
Kemudian yakinkan bahwa Document window file index.html aktif, selanjutnya pilih lokasi dalam dokumen index.html yang hendak disisipi tabel. Klik menu Insert  Table, atau dapat juga dengan menekan kombinasi tombol Ctrl+Alt+T pada keyboard


Keterangan :
a)Rows : menentukan banyaknya baris tabel.
b)Columns : menentukan banyaknya kolom tabel.
c)Width : menentukan ukuran lebar tabel beserta sataun ukuran yang digunakan, Percent atau Pixels.
d)Border : mengatur ketebalan border atau batas tabel.
e)Cell padding : mengatur jarak antara isi sel dengan batas tepi sel.
f)Cell spacing : mengatur jarak antarsel dalam tabel.
Jika parameter-parameter default pada kotak dialog Insert tabel diikuti (dengan meng-klik OK), maka pada document window akan tampil seperti gambar berikut :

Tabel yang telah tampil dalam Document Window tersebut dapat diatur dan dimodifikasi lagi dengan menggunakan properti tabel pada Property Inspector yang terletak di bagian bawah Document Window,
Pengaturan dan modifikasi tabel melalui properti tabel tersebut antara lain berupa : mengubah ukuran tabel, mengubah jumlah baris dan kolom tabel, menentukan warna, perataan tabel dan pengaturan tabel lainnya. Untuk mengisikan teks (data) pada sel-sel dalam tabel, dilakukan dengan mengisikan langsung ke sel yang diinginkan pada Document window. Simpan perubahan yang telah dilakukan dengan klik menu File  Save, atau dengan kombinasi tombol Ctrl + S, kemudian preview file index.html yang telah disisipi tabel dalam web browser.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar