Senin, 22 Desember 2008

Pengelolaan File Halaman Web

Pengelolaan file halaman web di sini dimaksudkan sebagai pemrosesan dasar sebuah file yang nantinya akan menjadi halaman web. Pengelolaan file ini meliputi : pembuatan file baru (create new), penyimpanan (save) dan penyimpanan dengan nama lain (save as). Dalam Macromedia Dreamweaver disediakan fasilitas pendefinisian site, yang akan memudahkan pengorganisasian halaman-halaman web sesuai dengan situsnya.
Terdapat 2 cara pendefinisian site, yaitu Basic dan Advance. Pilihan Basic memberikan kemudahan dalam menyiapkan situs, pilihan Basic inilah yang akan digunakan dalam modul ini. Untuk melakukan pendefinisian site, klik Define Site pada Files Panel.


Langkah pertama pendefinisian site adalah menentukan nama site, yang kemudian akan diikuti dengan pemilihan tipe dokumen dinamis atau dokumen statis. Pada gambar 20 dipilih option yang menyatakan bahwa kita tidak menggunakan dokumen dinamis, sehingga tidak menggunakan teknologi server.

Berikutnya akan ditampilkan kotak dialog untuk menentukan cara pengelolaan file, dalam Dreamweaver direkomendasikan agar file-file halaman web selalu disimpan terlebih dahulu dalam drive lokal.

Pada kotak dialog berikutnya, dilakukan penentuan web server yang digunakan. Untuk bekerja secara lokal, dipilih Local/Network yang kemudian diikuti dengan penentuan direktori lokal untuk menyimpan seluruh file halaman web yang dibuat.
Berikutnya akan ditanyakan apakah akan dilakukan testing ke web server atau tidak. Setelah proses pendefinisian site selesai akan ditampilkan ringkasan pendefinisian site

Hasil dari definisi site dapat dilihat pada Files Panel, dimana Files Panel telah menampilkan root folder lokal untuk situs pengoperasian_dreamweaver beserta daftar halaman-halaman web yang telah ada didalamnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar